Blog

img

IN HOUSE TRAINING (IHT) 2024

Program Penguatan Proses Pembelajaran pada Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

Membangun Kemandirian Melalui In-House Training: Implementasi Kurikulum Merdeka

Pemerintah Indonesia terus mengambil langkah progresif dalam mengembangkan sistem pendidikan yang responsif terhadap kebutuhan zaman. Salah satu inisiatif terbaru adalah pengenalan program in-house training setiap semester dengan penerapan kurikulum merdeka. Langkah ini bertujuan untuk memperkuat kemandirian siswa dan meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh negeri.

SMK Nurul Huda Panumbangan telah menginjak tahun kedua dalam melaksanakan pembelajaran dengan kurikulum merdeka, dimana pembelajaran intrakurikuler yang beragam dengan konten yang lebih optimal,Standar pencapaian yang lebih sederhana dan materi yang lebih sedikit, Pembelajaran berbasis kompetensi, Proses pembelajaran yang diharapkan menjadi lebih mendalam, bermakna, tidak terburu-buru, dan menyenangkan.

Bersama Pak Dadang Mulyana, M.Kom. dari SMKN 1 Kawali beliau menjelaskan pentingnya penerapan Kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran dimana interaksi antara guru dan siswa sangat penting sehingga proses pembelajaran menyenangkan dan efektif.

Inovasi dalam Pendidikan

Pendidikan merupakan fondasi utama bagi kemajuan sebuah bangsa. Untuk itu, Pemerintah Indonesia tidak henti-hentinya mencari solusi inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Salah satu langkah terkini adalah penerapan program in-house training di sekolah-sekolah setiap semester. Program ini tidak hanya memberikan pengetahuan tambahan kepada siswa, tetapi juga mengajarkan mereka keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

Fokus pada Kemandirian

Implementasi kurikulum merdeka dalam in-house training menekankan pada penguatan kemandirian siswa. Kurikulum merdeka dirancang untuk memberikan ruang lebih besar bagi siswa untuk mengembangkan minat, bakat, dan kemampuan mereka secara unik. Dengan demikian, setiap in-house training tidak hanya menawarkan materi pelajaran yang bervariasi, tetapi juga memungkinkan siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka sendiri.

Kolaborasi dan Pembelajaran Aktif

In-house training juga mendorong kolaborasi aktif antara siswa dan guru serta antar sesama siswa. Aktivitas seperti proyek berbasis tim, seminar, dan lokakarya praktis menjadi bagian integral dari program ini. Hal ini tidak hanya meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dan bekerja sama, tetapi juga membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial yang krusial di era digital saat ini.

Dukungan Penuh dari Komunitas Pendidikan

Langkah-langkah ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak dalam komunitas pendidikan, termasuk guru, orang tua, dan stakeholder industri. Mereka menyambut baik upaya pemerintah untuk memberikan pendidikan yang lebih relevan dan adaptif terhadap dinamika global. Dengan begitu, setiap in-house training bukan hanya kesempatan untuk belajar, tetapi juga untuk beradaptasi dengan perubahan yang terus-menerus terjadi di dunia pendidikan dan dunia kerja.

Kesimpulan

Program in-house training dengan implementasi kurikulum merdeka adalah langkah maju signifikan menuju pendidikan yang lebih baik di Indonesia. Melalui fokus pada kemandirian, kolaborasi, dan pembelajaran aktif, pemerintah berkomitmen untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mempersiapkan siswa untuk menjadi pemimpin masa depan. Dengan terus mengembangkan inisiatif ini, harapan untuk mencapai pendidikan yang berkualitas dan inklusif semakin mendekati kenyataan.

Dengan demikian, in-house training bukan hanya sebuah kegiatan rutin setiap semester, tetapi juga investasi berkelanjutan dalam masa depan generasi muda Indonesia.

img

Klik Link di bawah ini untuk melihat Landasan Hukum Kurikulum Merdeka

>> Disini <<

  • img

    Admin

    Posted on 6 Agustus 2024